Indonesia Merdeka! BBS Bandung Merayakan Kemerdekaan Indonesia yang ke-77

by: Sidney Sutanto, Junior College 1 Teamwork

Bandung- Tanggal 17 Agustus 1945 adalah hari yang bersejarah bagi bangsa Indonesia. Pada tanggal tersebut Ir. Soekarno didampingi oleh Drs. Mohammad Hatta untuk pertama kalinya memproklamirkan kemerdekaan Indonesia.  Kemerdekaan Indonesia ini bukanlah semata-mata hasil yang dicapai oleh pahlawan Indonesia, melainkan seluruh kerja keras bangsa Indonesia untuk bersatu dan menaklukkan para penjajah. 

Untuk memperingati hasil jerih payah mereka, Indonesia selalu merayakan hari kemerdekaannya dengan berbagai acara dan perlombaan yang meriah. Maka dari itu di tanggal 18 Agustus 2022, Sekolah Bina Bangsa mengadakan upacara Bendera yang diikuti oleh seluruh siswa-siswi dengan khidmat. Pada hari-hari sebelumnya, siswa-siswi Sekolah Bina Bangsa Bandung mengikuti rangkaian lomba-lomba khas 17 Agustus dalam rangka memeriahkan HUT ke-77 RI mulai dari tanggal 15-19 Agustus 2022.Untuk memperingati hasil jerih payah mereka, Indonesia selalu merayakan hari kemerdekaannya dengan berbagai acara dan perlombaan yang meriah. Maka dari itu di tanggal 18 Agustus 2022, Sekolah Bina Bangsa mengadakan upacara Bendera yang diikuti oleh seluruh siswa-siswi dengan khidmat. Pada hari-hari sebelumnya, siswa-siswi Sekolah Bina Bangsa Bandung mengikuti rangkaian lomba-lomba khas 17 Agustus dalam rangka memeriahkan HUT ke-77 RI mulai dari tanggal 15-19 Agustus 2022. 

Siswa siswi Secondary dan Junior College mengikuti upacara bendera dengan khidmat. (Foto: Ms. Yasmin)

​​​​​​​​​​          

Lomba-lomba yang diadakan diantaranya; lomba menghias mural, memasak, membuat minuman, pensil botol, makan kerupuk, balap karung dan tarik tambang. Para siswa mulai dari tingkat sekolah dasar hingga tingkat menengah atas terlihat antusias dalam mengikuti lomba-lomba tersebut terutama setelah vakum selama dua tahun lebih karena pandemi COVID-19. Para juri bahkan terpukau melihat hasil kerja para peserta, mereka bisa merasakan semangat membara dari para peserta yang dengan sepenuh hati menggambar dengan tema budaya Indonesia yang sangat menawan, memasak makanan dengan kearifan lokal dan cita rasa yang sangat lezat, hingga berjuang bahu membahu untuk bisa memenangkan perlombaan. 

Hasil karya siswa siswi dalam lomba menggambar. (Foto: Ms. Yasmin)

Gado gado dan nasi goreng yang dibuat oleh para siswa siswi Sekolah Bina Bangsa. (Foto: Ms. Yasmin)

         

Lomba bakiak yang membutuhkan kekompakan tim untuk mencapai garis akhir. (Foto: Ms. Yasmin)

       

Salah satu lomba yang paling dinantikan siswa siswi yaitu tarik tambang. (Foto: Ms. Yasmin)

         

Lomba makan kerupuk. (Foto: Ms. Yasmin)

         

Setelah itu, kepala penyelenggara Indonesian Week Mr. John dan Ms. Hannie mengumumkan pemenang dan menyerahkan sejumlah hadiah kepada para pemenang lomba. Tidak hanya lomba dan upacara, pertunjukan seni budaya diantaranya penampilan permainan angklung yang sangat memikat dan menggema memenuhi aula dengan semangat yang berapi-api pun turut memeriahkan acara tahunan itu. Tidak ketinggalan pula pertunjukan tarian daerah yang juga diiringi oleh nyanyian Manuk Dadali ikut turut menyemarakkan atmosfer kemerdekaan Indonesia di Sekolah Bina Bangsa.

Salah satu guru dari sekolah Bina Bangsa mengatakan lomba-lomba tersebut merupakan momentum yang ditunggu karena sempat terhalang wabah tersebut.

“Ini merupakan momentum yang ditunggu karena tiga tahun masa pandemi. Kita semua menanti kebersamaan seperti ini, “ katanya.

Dengan diadakan lomba-lomba tersebut diharapkan dapat menghadirkan keceriaan dan kegembiraan di kalangan siswa-siswi sehingga bisa merasakan kemeriahaan seperti saat kemerdekaan Indonesia yang pertama kalinya. Para guru berharap dalam momentum HUT ke-77 RI, Indonesia dan dunia bisa menang dalam melawan pandemi COVID-19 serta krisis ekonomi.

Semoga dengan gelaran lomba-lomba yang berbentuk permainan tetapi bersifat edukasi ini semakin menumbuhkan kebersamaan, persatuan dan kesatuan, serta nasionalisme yang telah tertanam dalam jiwa para siswa Sekolah Bina Bangsa.

Penampilan permainan angklung lagu Merdeka. (Foto: Ms. Yasmin)


Pertunjukan tarian Manuk Dadali. (Foto: Ms. Yasmin)

         

4 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *